TRAVEL LOMBOK 5D4N TANJUNG AAN-3 GILI-GILI NANGGU-SELONG BELANAK-SURANADI

Share:

TRAVEL LOMBOK 5D4N TANJUNG AAN - 3 GILI - GILI NANGGU - SELONG BELANAK - SURANADI

Wisata Lombok selama 5 hari 4 malam akan memberikan sensasi yang lebih mendalam. Kita bisa berkeliling dari Lombok bagian tengah, utara, barat ataupun bagian timur Pulau Seribu Masjid ini.

Dengan harga per pax Rp.2.510.000,- untuk minimal 4 orang dan Rp.4.040.000,- per pax untuk minimal 2 orang, kita bisa menjelajah Lombok sebagai berikut :

Hari - 1 :
Tim Gibran Travelling akan menjemput Anda di Bandara Internasional Lombok (BIL) atau di meeting point lainnya sesuai jadwal kedatangan rombongan. Selanjutnya kita akan menuju Pantai Tanjung Aan, sebuah pantai yang memiliki keunikan pasir lembut seperti bedak di bagian sebelah kanan dan pasir seperti merica di bagian pantai sebelah kiri.
pasir lembut seperti bedak

Pantai Tanjung Aan
pasir kasar seperti merica
Setelah asik main pasir dan air di Pantai Tanjung Aan ini, selanjutnya kita akn menuju Batu Payung. Batu karang raksasa yang bentuknya seperti payung atau jamur. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan. Untuk menjangkau lokasi ini kita perlu jalan kaki sejenak dari bibir pantai menyusui bebatuan karang yang datar. Namun justru ini akan memberikan sensasi berpetualang susur pantai, walaupun jarak dari bibir pantai ke Batu Payung ini hanya sekitar 100 meter :-)

Batu Payung

Batu Payung dari sudut depan

jalur bebatuan karang menuju lokasi
Menjelang siang hari, kita akan makan siang di lokal resto sekitar Pantai Kuta. Setelah selesai makan siang kita akan menuju Kota Mataram untuk check-in hotel dan istirahat sejenak.

Sore hari tiba, Kami akan menjemput anda menuju Pantai Senggigi untuk menikmati sunset sambil makan jagung bakar plus kelapa muda, suasana sunset seperti ini me-refresh pikiran kita yang jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

Rute selanjutnya adalah menikmati makan malam dengan menu khas Lombok, yaitu Ayam Taliwang. Menu khas dengan sajian ayam muda yang diolah dengan digoreng atau bakar, tergantung selera. Yang khas dari menu ini adalah sambalnya, sambal yang berbeda dengan sambal dari daerah lain.

Setelah selesai dinner kita akan balik ke hotel istirahat dan acara bebas.

Hari - 2 :
Perjalanan hari kedua akan kita mulai setelah anda dan rombongan breakfast di hotel dan siap. Destinasi yang kita tuju di hari ini adalah kawasan tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun demikian, dalam perjalanan menuju tiga gili ini kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa sepanjang jalan raya Senggigi. Dimulai dari pemandangan Pantai Senggigi, Bukit Malimbu hingga Pantai Pandanan.
Bukit Malimbu

tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

Di Bukit Malimbu ini kita bisa berfoto - foto dengan view kawasan tiga gili dan perkebunan kelapa yang ada di bawahnya. Sejenak mampir Bukit Malimbu, kita akan menuju lokasi penyeberangan ke Gili, yaitu Pantai Pandanan. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Bukit Malimbu. Kami memilihkan lokasi Pantai Pandanan ini sebagai lokasi penyeberangan private boat agar anda dan rombongan tidak terganggu dengan kebisingan tamu - tamu lain yang ingin menyeberang juga. Tiga lokasi penyeberangan yang selama ini umum digunakan untuk penyeberangan adalah Pelabuhan Bangsal (public boat), Pelabuhan Teluk Nara dan Pantai Mentigi. Dengan pemilihan ke Pantai Pandanan ini, anda dan rombongan akan sekaligus menikmati keindahan pantai yang memiliki pasir putih dan keindahan batu karang di perairannya ini.

Sekitar 30 menit perjalanan menggunakan private boat / charter boat, kita akan sampai di Gili Trawangan.
Gili Trawangan

Welcome to Gili Trawangan, sejak anda menginjakkan kaki di Gili Trawangan, anda akan langsung disuguhi pemandangan yang luar biasa. Gili Trawangan merupakan destinasi yang sudah terkenal seantero dunia dengan keindahan pantai serta pemandangan bawah lautnya. Bahkan saking terkenalnya, jumlah wisatawan mancanegara di lokasi ini lebih banyak dibanding wisatawan domestik. Dalam paket ini, anda dan keluarga sudah bisa main snorkling di Gili Trawangan ini. Dengan snorkling kita bisa melihat keindahan alam di bawah permukaan air lautnya.

Selain snorkling, aktifitas yang bisa kita lakukan adalah main sepeda, jalan keliling gili, parasailing, diving ataupun sekedar foto-foto.

Asik main - main di gili Trawangan, tiba waktunya makan siang kita akan makan siang di sebuah resto di Gili Trawangan. Sehabis itu kita bisa solat dan istirahat dan kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Gili Meno. Di Gili Meno ini kita bisa keliling dan melihat danau air asin yang ada di tengahnya.
Destinasi Gili Meno
beberapa titik destinasi di Gili Meno
 Selain danau air asin, di sini kita juga bisa melihat koleksi burung - burung di Gili Meno Bird Park.

Menjelang sore hari, kita akan menyeberang ke Gili Air. Bagi anda yang masih penasaran dengan pemandangan bawah laut tiga gili, di Gili Air inilah lokasi paling bagus untuk snorkling. Sebab perairan ini memiliki terumbu karang yang masih alami dan kadang kita bisa jumpa dengan penyu-penyu yang sedang berenang. Wow,,,sungguh suatu pengalaman yang bakal menagih anda untuk datang ke Gili lagi.

Well,,,puas menjelajah Tiga Gili,,,sore hari telah datang, kita balik ke Pulau Lombok (pantai Pandanan) untuk selanjutnya Kami antarkan anda ke lokasi makan malam dengan menu seafood. Setting dinner ini ada di rumah makan seafood pinggir pantai, sehingga di hari kedua ini dari pagi sampai malam bersuasana pantai. Selanjutnya Kami akan mengantar anda dan rombongan kembali ke hotel untuk istirahat dan acara bebas.

Hari - 3 :
Perjalanan hari ketiga akan kita mulai anda selesai sarapan di hotel. Lokasi pertama yang akan kita tuju adalah Pantai Tawun. Pantai ini akan menjadi titik pertama penyeberangan ke beberapa Gili yang ada di perairan Sekotong ini. Pantai Tawaun dapat kita tempuh sekitar 1 - 1,5 jam dari Kota Mataram. Namun anda jangan khawatir dengan lamanya perjalanan, sebab sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi indahnya pantai perairan Sekotong dan Pelabuhan Lembar.

Sesampainya di Pantai Tawun, kita akan bersiap - siap menuju Gili Nanggu.
Gili Nanggu
pantai tawun dengan pasirnya yang seperti merica

pantai tawun dengan view Gili Nanggu

lokasi penyeberangan yang menjadi satu dengan rumah makan pinggir pantai
Penyeberangan ke Gili Nanggu dapat kita tempuh dengan menggunakan private boat dalam waktu sekitar 25 - 30 menit. Deretan pulau kecil (gili) di sekitar Gili Nanggu ada Gili Sudak dan Gili Kedis. Lokasi yang pertama kita kunjungi adalah Gili Nanggu.
Dengan air yang jernih, kita bisa bersnorkling asik di Gili Nanggu. Gili Nanggu juga memiliki tempat pemeliharaan kelelawar dan juga difasilitasi dengan cottage, sehingga jika ada tamu yang ingin bermalam di gili ini tidak perlu khawatir.
Gili Nanggu

Menjelang siang hari, kita akan beralih ke Gili Kedis dan menikmati makan siang di Gili Kedis dengan menu spesial. Gili Kedis sendiri merupakan gili dengan ukuran yang mini, namun memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gili - gili lain yang ada di Lombok.
Gili Kedis

Gili Kedis dari sisi yang lain
Menu lunch yang bisa kita santap di Gili Kedis ini ada ikan bakar dan plecing kangkung yang tentunya akan nikmat sebab dibarengi dengan nuansa yang berbeda. Berikut adalah contoh menunya :
Menu makan siang nikmat
Perjalanan terakhir di hari ini adalah kunjungan dan snorkling di Gili Sudak, sebuah gili yang lokasinya berdampingan dengan Gili Nanggu dan memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan Gili Nanggu.
Gili Sudak
Sore hari tiba, kita akan kembali lagi ke lokasi awal penyeberangan untuk kembali lagi ke Kota Mataram.

Dengan perkiraan perjalanan lancar dan sesuai rencana, kita akan sampai di Kota Mataram sekitar jam 19.00 WITA. Sesampainya di Kota Mataram kita akan menikmati menu makanan khas Lombok yang lain, yaitu Sate Rembiga. Sate Rembiga ini merupakan sate yang disajikan secara kering dalam arti tanpa ada sambal layaknya sate madura. Rasanya pedas manis dan bikin ketagihan. Walaupun lokasi rumah makan Sate Rembiga ini kecil, namun banyak tamu yang datang ke sini dan malah ketagihan.

Selanjutnya Kami akan antar anda kembali ke hotel untuk istirahat dan acara bebas.

Hari - 4 :
Hari keempat akan kita habiskan dengan menjelajah pantai di daerah Lombok Tengah. Seperti biasanya, perjalanan akan kita mulai setelah anda dan rombongan selesai breakfast dan siap. Lokasi pertama yang akan kita tuju di hari keempat ini adalah Pantai Selong Belanak. Jarak tempuh Pantai Selong Belanak dari Kota Mataram adalah sekitar 1 - 1,5 jam perjalanan darat.

Pantai Selong Belanak ini memiliki pantai pasir putih dan pernah dijadikan lokasi syuting sebuah film karena keindahannya. Di sini ada juga penjual menu ikan bakar segar yang bisa anda nikmati secara langsung di pinggir pantai, namun menu makan siang dalam paket ini di hari keempat adalah di Pantai Kuta, bukan di Selong Belanak :-)

Pantai Selong Belanak
Asik main di pantai Selong Belanak, kita akan beranjak menuju Pantai Mawun, pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Selong Belanak. Pantai ini memiliki bibir pantai yang menurun. Pantai bagian depan cenderung agak dalam, sehingga memiliki ombak yang lebih besar dibanding Pantai Selong Belanak. Soal keindahan, pantai ini tidak kalah dengan yang lainnya, bahkan bisa dibilang malah justru lebih indah dibanding Pantai Selong Belanak.
Pantai Mawun
Siang hari tiba, perjalanan kita lanjutkan ke Pantai Kuta. Di sekitar pantai ini kita akan menikmati makan siang di sebuah resto lokal. Jika anda dan rombongan ingin melihat keindahan Pantai Kuta, kami persilakan, yang terpenting adalah hati - hati, karena banyak pedangang asongan yang akan sangat bersemangat menjual barang dagangan mereka :-)

Pantai Kuta

Pantai Kuta dengan ditemani anak - anak yang ikut membantu berjualan souvenir
Perjalanan selanjutnya setelah menikmati santap siang dan Pantai Kuta adalah ke Desa Adat Sade. Desa ini merupakan desa dengan suasana traditional village karena masih mempertahankan karakter desa dan kebudayaan Suku Sasak bagian selatan. Bahkan untuk proses mengepel rumah, mereka justru menggunakan kotoran kerbau atau sapi karena dipercaya lebih manjur untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah, kebudayaan seperti ini sudah ada sejak nenek moyang mereka dan tetap dipertahankan hingga sekarang.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok
penduduk lokal Desa Sade yang setia melakukan pemintalan benang walau di usia senja

Karakter traditional Desa Sade
Setelah menjelajah Desa Adat Sade, perjalanan akan kita teruskan menuju lokasi desa yang memiliki kearifan lokal lainnya, yaitu Desa Sukarara. Desa ini berbeda dengan Desa Sade sebab lebih menitikberatkan pada pengembangan ekonomi tradisional kreatif. Desa ini adalah desa sentra kerajinan kain ikat tenun khas Lombok. Sebagian besar penduduknya berprofesi di bidang kain tenun khas Lombok ini. Oleh karena itu, sepanjang jalan desa ini Anda akan banyak menemui gallery kain tenun khas Lombok.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

Puas melihat - lihat hasil kearifan lokal masyarakat Lombok ini, kita akan menuju lokasi berikutnya yang tidak jauh dari Desa Sade. Menjelang malam hari kita akan menikmati dinner dengan menu Nasi Puyung. Nasi ini merupakan makanan khas Lombok yang disajikan di atas nare dan memiliki rasa pedas panas. Dengan cita rasa seperti ini akan menambah suasana khas Lombok dengan berbagai menu makanan yang pedas :-).

Lokasi makan malam ini pun tidak sembarangan, kita akan langsung menuju lokasi awal mula pencetus menu Nasi Puyung ini, yaitu di Rumah Makan Inaq Esun. Kita akan berjalan sekitar 100 meter dari pinggir jalan raya masuk ke area perkampungan dan benar - benar ke lokasi rumah yang dijadikan rumah makan. Walaupun lokasinya ada di dalam perkampungan, namun rumah makan ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin langsung menikmati menu Nasi Puyung khas Lombok.

rumah makan lesehan Nasi Puyung Inaw Esun
Sehabis makan malam, Kami akan mengantar Anda dan rombongan kembali menuju hotel untuk istirahat dan acara bebas.

Hari - 5 :
Di hari terakhir tour Lombok ini kita akan mulai agak santai. Selesai anda dan rombongan breakfast di hotel dan telah siap untuk check ou hotel, Kami akan menjemput anda dan keluar dari hotel. Tujuan pertama di hari terakhir ini adalah belanja oleh - oleh khas Lombok.

Beberapa jenis oleh - oleh yang bisa anda bawa pulang adalah t-shirt dengan motif khas Lombok, susu kuda liar, madu hutan, telur asin, minyak sumbawa, snack seperti dodol rumput laut dan lain - lain.

Setelah asik berbelanja ,Kami akan mengajak anda menuju destinasi wisata yang tidak akan kalah menariknya dan perlu dikunjungi, yaitu Pura dan Hutan Lindung Suranadi. Hutan buatan ini memiliki alam yang masih asri, danau buatan di tengahnya dan pura di bagian luarnya yang masih aktif digunakan hingga sekarang.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

danau buatan di tengah hutan yang akan kita manfaatkan untuk main kano dengan didampingi instruksi yang telah disediakan

jika beruntung, di danau ini kita bisa melakukan refleksi ikan seperti ini
Siang hari tiba, kita akan menikmati makan siang di lesehan dekat Hutan Suranadi ini. Lesehan ayam taliwang dengan nuansa kolam ikan air tawar.

Setelah istirahat dan makan siang, kita akan menuju lokasi terakhir dari wisata Lombok ini. Kita akan menuju bekas istana pemandian para putri kerajaan jaman dahulu, yaitu Istana Air Narmada. Sebuah destinasi sejarah yang menyimpan mata air yang dianggap suci oleh beberapa kalangan dan dipercaya dapat memberikan efek awet muda bagi yang membasuk muka dengan air suci ini. Di lokasi ini juga ada replika Danau Segara Anak (yang aslinya berada di puncak Gunung Rinjani) yang dulu dibuat oleh pihak kerajaan.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

di lokasi Narmada ini juga ada pura agama Hindu yang masih aktif digunakan
Asik menjelajah, saatnya Kami mengantarkan anda kembali ke tempat asal melalui Bandara Internasional Lombok.

Dengan harga seperti di atas yaitu per pax Rp.2.510.000,- untuk minimal 4 orang dan Rp.4.040.000,- per pax untuk minimal 2 orang ;

PRICE INCLUDE :
  1. Akomodasi mobil Avanza plus sopir mulai dari jemput, trip hingga diantar balik
  2. BBM (bensin)
  3. Tiket masuk destinasi seluruh wisata yang tercantum dalam paket ini
  4. Tips Pemandu di Desa Adat Sade
  5. Charter Boat / Private Boat wisata Gili
  6. Tour Leader di wisata Gili
  7. Fasilitas (sewa) seperangkat alat snorkling untuk wisata Gili
  8. Fasilitas main kano plus instruktur di Danau Hutan Suranadi
  9. Hotel Bintang 3 plus breakfast selama 4 malam
  10. Makan dan Minum 5 X Lunch ; 4 X Dinner ; 1 X Jamuan Sunset (jagung bakar+kelapa muda)
  11. Asuransi Perjalanan
  12. Fasilitas Kamera Underwater (selama persedian ada)
PRICE EXCLUDE :
  • Tiket Pesawat PP
  • Menu makan dan minuman di luar paket